Web Based Versus Desktop Based Application

Web based application adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja asalkan ada koneksi internet yang mendukung, tanpa perlu melakukan penginstallan di computer masing-masing seperti pada aplikasi desktop, cukup dengan membuka browser dan menuju tempat server aplikasi tersebut dipasang. Contohnya: Google spreadsheet, Google Word Processor, webmessenger.yahoo.com, meebo.com, dan game flash yang dijalankan secara online, dll.
Keunggulan web based application dibanding desktop based application adalah, terkait dengan keunggulan-keunggulan dari Internet itu sendiri.

Misalnya :
1.Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web di manapun kapan pun tanpa harus melakukan penginstalan.
2.Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi itu telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi. (seperti misalnya saat menggunakan MS-Office versi Google).
3.Ketersediaan. Mirip dengan poin satu. Bayangkan ketika kita disuruh untuk mengedit sebuah foto, namun kita tidak memiliki satu pun aplikasi pengedit foto yang tersedia di PC kita. Yah, tidak perlu bersusah payah untuk mencarinya, tinggal akses saja sebuah alamat di Internet, maka kita dapat mengedit poto tanpa harus memiliki aplikasi pengeditnya
4.Dapat dijalankan di sistem operasi mana pun.
Tidak perduli apakah kita menggunakan Linux, Windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses Internet.
5.Dapat diakses lewat banyak media seperti : komputer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standar WAP.
6.Tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.
Kekurangan web based application tentu saja harus adanya ketersediaan koneksi Internet.blogger-emoticon.blogspot.com

Desktop based application adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan sendiri atau independen tanpa menggunakan browser atau koneksi Internet di suatu computer otonom, dengan operating system atau flatfom tertentu. Contoh: Microsoft Office Word 2007 dan aplikasi office lainnya, Windows Media Player, dll.
Keunggulan desktop based application dibandingkan dengan web based application adalah
1.Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
2.Tidak perlu koneksi Internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
3.Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
4.Prosesnya lebih cepat.

Kekurangan dari desktop based application:
1.Kalau ingin menggunakan aplikasi tsb, harus diinstall dulu.
2.Bermasalah dengan lisensi.
3.Tidak bias dibuka di computer lain, jika belum diinstall.
4.Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.

Perbedaan web based application dengan desktop based application yaitu: web based berjalan menggunakan basis teknologi web (Internet) atau browser sedangkan based application dapat berjalan sendiri atau independen tidak menggunakan browser dan biasanya telah ditentukan dapat berjalan di flatform atau operating system tertentu, tetapi ada juga yang cross flatform.
blogger-emoticon.blogspot.com

Komentar

  1. ooh ini semacam NEtGeaR gitu yah... emm kalo buat linux gue masih bengong settingnya :(

    BalasHapus
  2. Aku suka Bali indah sekali kata orang betul ya?

    BalasHapus
  3. betul bgt mas... soalbya disini banyak objek wisatanya... jadi terawat.

    BalasHapus
  4. salam kenal link anda sudah saya pasang di blog saya di footer mohon di link balik yah terima kasih :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer