Kompresi Data

9:54:00 AM konixbam

zip folder
Mengkompres sebuah file di komputer mungkin adalah salah satu hal yang biasa kita lakukan. Beberapa software kompresi file yang terkenal diantaranya Winrar dan Winzip. Tetapi lebih baik lagi software yang sifatnya open source dan freeware, seperti 7Zip (Igor Pavlov), Zipeg (Leo Kuznetsov), ZipGenius (Matteo Riso).

Kompresi ialah proses pengubahan kumpulan data menjadi suatu bentuk kode untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data. Saat ini terdapat berbagai tipe algoritma kompresi, antara lain: Huffman, LIFO, LZHUF,LZ77 dan variannya (LZ78, LZW, GZIP), Dynamic Markov Compression (DMC), Block-Sorting Lossless, Run-Length, Shannon-Fano, Arithmetic, PPM (Prediction by Partial Matching), Burrows-Wheeler Block Sorting, dan Half Byte.

Berdasarkan tipe peta kode yang digunakan untuk mengubah pesan awal (isi file input) menjadi sekumpulan codeword, metode kompresi terbagi menjadi dua kelompok, yaitu :
• Metode static: menggunakan peta kode yang selalu sama. Metode ini membutuhkan dua fase (two-pass): fase pertama untuk menghitung probabilitas kemunculan tiap simbol/karakter dan menentukan peta kodenya, dan fase kedua untuk mengubah pesan menjadi kumpulan kode yang akan ditransmisikan.
Contoh: algoritma Huffman statik.
• Metode dinamik (adaptif) : menggunakan peta kode yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Metode ini disebut adaptif karena peta kode mampu beradaptasi terhadap perubahan karakteristik isi file selama proses kompresi berlangsung. Metode ini bersifat 1-kali pembacaan terhadap isi file.
Contoh: algoritma LZW dan DMC

Kompresi data
• Kompresi berarti memampatkan /mengecilkan ukuran
• Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu
• Contoh kompresi sederhana yang biasa kita lakukan misalnya adalah
menyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memiliki konvensi umum. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg”.
• Pengiriman data hasil kompresi dapat dilakukan jika pihak pengirim/yang melakukan kompresi dan pihak penerima memiliki aturan yang sama dalam hal kompresi data.
• Pihak pengirim harus menggunakan algoritma kompresi data yang sudah baku dan pihak penerima juga menggunakan teknik dekompresi data yang sama dengan pengirim sehingga data yang diterima dapat dibaca/di-dekode kembali dengan benar
• Kompresi data menjadi sangat penting karena memperkecil kebutuhan penyimpanan data, mempercepat pengiriman data, memperkecil kebutuhan bandwidth
• Teknik kompresi bisa dilakukan terhadap data teks/biner, gambar (JPEG, PNG, TIFF), audio (MP3, AAC, RMA, WMA), dan video (MPEG, H261, H263).

Nah, salah satunya yang saya bahas adalah 7zip, karena gratis dan open source.
7zip7Zip adalah sebuah software archiver yang dapat mengkompresi dengan rasio sangat tinggi, dengan working area yang mudah dimengerti.
7-Zip dapat digunakan di Windows 7 / Vista / XP / 2008 / 2003 / 2000 / NT / ME / 98. Ada port dari baris command di Linux/Unix.

7zip window
Tampilan window 7zip.

7Zip memiliki fitur yang sangat luar biasa, diantaranya :

* Rasio Kompresi yang tinggi dalam format baru 7z format dengan kompresi LZMA
* Format yang didukung :
o Membuat / mengekstrak arsip : 7z, ZIP, GZIP, BZIP2 dan TAR
o Ekstrak saja : RAR, CAB, ISO, ARJ, LZH, CHM, Z, CPIO, RPM, DEB dan NSIS
* Untuk format ZIP dan GZIP, 7-Zip berhasil mengkompresi dengan rasio 2-10 % lebih baik daripada PKZip dan WinZip
* Kemampuan Self-extracting untuk format 7z
* Terintegrasi dengan Windows Shell
* Memiliki fitur File Manager yang Poweful
* Memiliki fitur dalam versi command line yang powerful
* Plugin untuk FAR Manager
* Menyediakan 74 bahasa



Untuk programnya dapat didownload disini.
Informasi lengkapnya disini.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:



1 KOMENTAR:

andiny oktariana mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Algoritma Kompresi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2242/1/01-03-002-Peningkatan%5BEdi_Sukirman%5D.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Posting Komentar