Sejarah Linux

10:35:00 AM konixbam

linux penguin
Sejak lahirnya Linux, kernel sebuah sistem operasi bebas, ia telah berkembang dengan pesatnya dibangun oleh ribuan relawan programer sejagat. Born to be Free hadir sejak limabelas tahun lampau dengan ketentuan lisensi bebas. Dibesarkan penuh dengan kontroversi mulai dari pemberian nama sampai dengan permasalahan keabsahan atas keberadaannya. Ia telah menawan hati ratusan juta pendukungnya namun tidak pernah bebas dari adanya pihak-pihak yang memusuhinya.

Prasejarah Linux
Pada tahun 1983 Richard M. Stallman mendirikan proyek GNU dengan tujuan mengadakan sebuah sistem operasi mirip UNIX dan kompatibel dengan POSIX. Dua tahun kemudian ia mendirikan yayasan Free Software Foundation (FSF) dan menciptakan GNU General Public License (GPL) sebagai pondasi hukum guna menjamin penyebaran software secara bebas.
Atas dasar pondasi hukum itu, Software GNU telah tersebar luas dan banyak pengembang relawan dapat memberikan kontribusinya. Dalam waktu singkat telah tersedia banyak paket program dan jumlahnya terus meningkat. Pada awal 1990an pada prinsipnya telah tersedia cukup paket program bebas (GNU Software) yang dapat digunakan sebagai komponen membangun sebuah sistem operasi. Untuk itu ternyata masih tertinggal Kernel (Proyek GNU-Hurd) yang merupakan jantung dari sebuah sistem operasi yang pengembangannya masih terhambat. Microkernel yang dikembangkan untuk itu ternyata mengalami banyakhambatan, terutama dalam hal melibas kecoa (bugs) dan sehubungan dengan arsitekturnya yang moderen tapi dianggap cukup ribet. Pada dasawarsa tahun 80an Universtas Berkeley juga mengembangkan sistem operasi bebas dengan distribusi bernama Berkeley Software Distribution (BSD). Proyek pengembangan BSD ini menggunakan versi Unix edisi 4 dari AT&T sebagai rujukan. Karena sistem operasiBSD saat itu belum 100% halal dan masih mengandung Code asal AT&Ts Unix, maka di tahun 1990an terjadi perselishan hukum antara AT&T dan Universitas Berkeley, yang menurunkan stamina para pengembangnya dan secara drastis menghambat pengembangannya.

Dengan terhambatnya pengembangan BSD, maka pada awal tahun 1990an sebenarnya belum tersedia sistem operasi yang 100% bebas. Dan perselisihan hukum dengan AT&T membuat masa depan proyek BSD jadi tak menentu, sementara pengembangannya jugapraktis dibekukan. Sementara itu, proyek GNU lainnya tetap berjalan dan jumlah paket software yang dihasilkan terus meningkat.
Lahirnya Linux
Di tahun 1991 Linus T orvalds di Helsinki mulai mengembangkan sistem operasi Seperti ditulis dalam bukunya (bersama David Diamond, 2001), Torvalds kemudian menyadari bahwa apa yang dibuatnya itu ternyata merupakan basis sebuah sistem operasi. Pada hari bersejarah 25 Augustus 1991 ia kemudian memposting email ke milis pengguna Minix: comp.os.minix yang isinya selalu dikutip sebagai sebuah proklamasi lahirnya Linux.

Berikut daftar macam-macam Distro Linux :
1.Red Hat Linux
Red Hat adalah distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux, dengan versi terbarunya adalah Red Hat Linux 8.0.

2.Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian.
Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd, dengan versi terbarunya adalah Ubuntu 9.04.

3.CentOS
CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). dengan versi terbarunya adalah CentOS 5.3.

4.Debian
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux.dengan versi terbarunya adalah Debian 5.0.

5.Fedora
Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. dengan versi terbarunya adalah Fedora 12.

6.Xandros
Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE.
Dengan versi terbarunya adalah Xandros 8.10.

7.Knoppix
Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. dengan versi terbarunya adalah dengan versi Knoppix 5.2T.

8.Gentoo
Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. dengan versi terbarunya adalah Gentoo 10.0.

9.Slackware
Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Dengan versi terbarunya adalah Slackware 13.0.

10.Mandriva Linux
Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Dengan versi terbarunya adalah Mandriva 2010.1.

11.openSUSE
SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH, dengan versi terbarunya adalah openSUSE 11.2.

12.Freespire
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), dengan versi terbarunya adalah Freespire 8.10.

13.Linux Mint
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Dengan versi terbarunya adalah Linux Mint 8 versi KDE 64 bit.

14.PCLinuxOS
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Dengan versi terbarunya adalah PCLinuxOS 2010 Beta 2.

15.Puppy Linux
Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Dengan versi terbarunya adalah Puppy Linux 5.0.

16.Sabayon Linux
Sabayon Linux, merupakan salah satu turunan Gentoo. Dengan versi terbarunya adalah Sabayon Linux 5.2.

17.Turbo Linux
TurboLinux menargetkan pada produk berbasis Linux dengan kinerja tinggi untuk pasar workstation dan server terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan. Dengan versi terbarunya adalah Turbo Linux7.

18.Damn Small Linux
Damn Small Linux(DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Dengan versi terbarunya adalah Damn Small Linux 4.4.7.

19.WinLinux
Distro yang dirancang untuk di install di atas partisi DOS ( Windows ), dengan versi terbaru
WinLinux 7.1.

20.Mandrake Linux
Mandrake merupakan turunan dari RedHat Linux, dengan versi terbaru
Mandrake Linux 7.2.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:



0 KOMENTAR:

Posting Komentar