Hemat Batere DO and DO NOT

Ini adalah beberapa tips untuk memperpanjang umur batere:
Defragmentasi
Setelah defragmentasi, data diatur dalam susunan yang lebih sistematis yang membuat kerja harddisk lebih efisien untuk mengakses data. Semakin cepat pengakesesan data dari harddisk, beban kerja pada baterai relative lebih rendah karena data lebih cepat untuk diakses system yang berarti baterai anda lebih bertahan lama.

Mengurangi Proses
Cobalah untuk mengurangi penggunaan program yang berjalan di background dan wallpaper yang tidak diperlukan. Pantau di Windows Task Manager. Pastikan program – program yang selesai digunakan ditutup. Matikan program yang tidak perlu selama start-up, dengan meluncurkan Sistem Configuration Utility dari Run - msconfig - Startup Tab. Hapus centang di program yang tidak diperlukan saat startup dan restart komputer.

Menerapkan Task Schedule
Program seperti disk defragment atau scan antivirus sangat disarankan dijadwalkan/dijalankan pada saat beradadalam ruangan yang terdapat sumber listrik (colokkan listrik).

Lepaskan Perangkat Eksternal bila tidak diperlukan
Perangkat USB eksternal pemakan terbesar daya baterai. Cabut perangkat eksternal seperti mouse eksternal, kartu PC, USB drive, speaker eksternal, Bluetooth, Pen drives, portable hdd dan iPod.

Jangan Meninggalkan CD/DVD ROM dalam CD/DVD Drive
Tidak meninggalkan CD / DVD ROM dalam drive jika sudah tidak diperlukan. Sebuah disk yang berputar di dalam drive dapat menghabiskan daya dari baterai.

Gunakan Perangkat lokal
Hindari menggunakan DVD ROM / drive eksternal. Memutar lagu/video langsung dari CD/DVD, anda dapat mentransfer isi CD/DVD ke harddisk atau Anda juga dapat menjalankan virtual drive seperti Pismo File Mount, Alkohol 120%, Daemon tools atau Microsoft Virtual CD ROM Control Panel, kemudian mainkan.

Periksa Resolusi
Mengurangi tingkat kecerahan dengan tingkat yang tepat atau menggunakan Pengaturan Display pada Control Panel sesuai dengan selera.

Tingkat Suara
Cobalah untuk mematikan volume speaker dan hindari menggunakan software multimedia.

Hindari Penggunaan Screen Saver
Untuk pemakaian baterai yang lebih baik, nonaktifkan screensaver atau pakai blank screensaver.

Hindari Tampilan yang glamor
Jika kamu pengguna Windows Vista/7 pada laptop kamu, ada baiknya kamu kemematikan fitur Aero Glass dan beralih ke 'Classic View' yang mengkonsumsi daya lebih kecil. Pada Windows XP, klik kanan pada desktop dan pilih properties lalu Display Properties dan kemudian Theme dan pilih Windows Classic.
Sedangkan sistem operasi seperti Linux dan Macintosh, sudah dioptimalkan untuk menyediakan masa pakai baterai lebih lama dan kuat.

Power Management
Periksa manajemen daya dari 'Power Options ' di Control Panel. Baik Windows XP dan sistem operasi Windows Vista/7 terdiri dari fitur-fitur manajemen daya lebih advance yang membantu Anda untuk mematikan komponen seperti monitor atau harddisk untuk waktu tertentu . Hal ini juga tergantung pada ‘Power Schemes’ yang dipilih. Sebagai contoh dalam sistem operasi Windows XP, Anda dapat memilih ‘Max Battery' pada saat kondisi batrai terisi penuh.
Untuk pemakaian di rumah, lepaskan baterai dari laptop, gunakan power langsung dari adaptor yang dicolok ke listrik. Pakai baterai untuk keperluan mobile saja.

Gunakan Hibernate Mode
Kadang-kadang kita membuat laptop kita dalam posisi mode Stand by atau sleep mode. Hal ini mengurangi masa pakai baterai karena komponen laptop masih terus beroprasi. Dalam kasus tersebut, sangat disarankan untuk menerapkan mode hirbinate selain komputer menyimpan keadaan sekarang saat hibernasi diaktifkan, hal ini juga berguna menghemat penggunaan daya batrai karena laptop benar-benar dalam posisi off.

Konsumsi RAM
Sistematis penggunaan RAM yang lebih rendah jika beban pada Virtual memory benar-benar bekerja untuk harddisk. Jika Anda amati, penggunaan RAM lebih banyak mengarah ke pemakaian daya yang juga meningkatkan seluruh cadangan ram dengan mengurangi akses ke kinerja harddisk.

Kebersihan
Sebuah laptop yang berdebu dan kotor umumnya ventilasi udaranya terganggu dan menjadi lebih panas yang sebenarnya mengurangi masa pakai baterai. Anda dapat mencoba untuk membersihkan ventilasi udaranya yang akan membantu laptop untuk tetap beroperasi pada temperatur yang rendah. Cobalah untuk memberi ruang di dekat ventilasi untuk udara keluar-masuk. Ketika menggunakan notebook, hindari meletakkan notebook pada permukaan yang lunak / lembut, semisal pada sofa, tempat tidur atau karpet. Sebab permukaan seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.

Faktor Suhu
Panas yang berlebihan dapat mengurangi masa pakai baterai. Juga hindari membuka laptop di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang tertutup.

Update
Mungkin kedengarannya agak aneh tapi dengan adanya update driver dan perangkat lunak pada dasarnya dirancang untuk jadi lebih efisien dan penggunaan daya baterai lebih sedikit.

Perawatan Adapter
Pastikan bahwa adaptor yang anda gunakan untuk pengisian baterai laptop menggunakan spesifikasi yang asli. Sebuah kualitas model adaptor yang tidak standar dapat menyebabkan semacam overload yang juga dapat merusak laptop dan baterai bahkan meledak. Jangan gunakan baterai dan charger notebook yang tidak kompatibel. Jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi bagian layanan dari produsen notebook terkait.

Pekerjaan
Jika Anda telah membuat keputusan untuk tidak memakai laptop dalam beberapa hari, maka pastikan bahwa muatan dari baterai harus tersisa kurang/lebih 40% dan kemudian Anda bisa lepaskan baterai lalu simpan di tempat yang dingin dan tempat yang kering dengan suhu kamar.
Sebuah baterai lithium ion yang normal memiliki hidup rata-rata hampir 2 sampai 3 tahun. Dengan bantuan beberapa trik dan perawatan, kerusakannya dapat ditunda.

Komentar

Postingan Populer