Mengecek Apakah Antivirus Bekerja Atau Tidak

4:37:00 PM konixbam

Kebanyakan orang saat ingin memproteksi komputernya dengan sebuah antivirus atau anti malware lainnya, baik buatan lokal atau yang sudah terkenal, hanya menginstall antivirus tersebut setelah selesai proses instalasi berarti aman/selesai, kemudian restart sistem dan ada notifikasi program sudah berjalan. Keesokan harinya, baru deh sadar ada keanehan pada sistem dan setelah dicek program antivirus tersebut tidak berjalan/bekerja sama sekali. Untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan dengan tes sederhana dengan eicar standart antivirus test file.

Berikut adalah caranya:
  • Buka Notepad.
  • Copy/paste string dibawah ini:
    X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
    (harus dalam satu baris).
  • Kemudian save as dengan nama apa saja, maka antivirus yang sudah terinstall, akan langsung mengenali file ini sebagai virus.
  • Jika file ini langusng dihapus oleh antivirus, maka berarti program antivirusmu bekerja dengan baik dan up to date dan real-time protection-nya berjalan.
  • Jika antivirusnya tidak mendeteksi file tersebut berarti real-time protection-nya tidak berjalan, coba aktifkan dulu atau scan file ini secara manual.
  • Jika antivirusnya mendeteksi adanya ancaman, berarti program antivirusnya kurang di update atau tidak up to date.
  • Jika antivirusnya tidak menjunjukkan adanya ancaman apa-apa, maka segera ganti program antivirusmu dengan yang baru dan terupdate.

contoh pendeteksian virus


Lebih detailnya ada di eicar.
"Important note: EICAR cannot be held responsible when these files or your AV scanner in combination with these files cause any damage to your computer. YOU DOWNLOAD THESE FILES AT YOUR OWN RISK. Download these files only if you are sufficiently secure in the usage of your AV scanner. EICAR cannot and will not provide any help to remove these files from your computer. Please contact the manufacturer/vendor of your AV scanner to seek such help." (EICAR, 2010)


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:



2 KOMENTAR:

Andri Reborn mengatakan...

mantep,,, dah coba gannn

Posting Komentar

Iklan